Sawangan

Resume ke-  : 16
Tanggal        : 8 November 2021
Tema            : Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis
Nara sumber: Yulius Roma Patandean, S.Pd.
Moderator    : Dail Ma'ruf

Buku adalah salah satu sumber ilmu dan  informasi. Seseorang yang akan  mencari informasi dapat dilakukan dengan cara membaca buku. Terkadang seseorang  tidak menuntaskan membaca semua tulisan dalam buku. Cukup melihat datar isi dan membuka halaman yang diinginkan seuai yang dibutuhkan.  namun pernah kan terlintas dalam pikiran kita : 

1. Bagaimana  proses membuat suatu buku?

2. Bagaimana proses tata letak dalam suatu buku? 

3. Apakah kita memahami proses penyusunan suatu buku sehingga letaknya tertata rapi?

Berikut beberapa cara  atau langkah yang digunakan dalam menyusun buku dan proses merapikan tata letak isi buku.

Langkah Awal Menyusun Buku

Seseorang membuat beberapa karya atau naskah tulisan yang berbeda. Kumpulan naskah ini akan dijadikan sebuah buku. Maka perlu tahapan yang harus dilakukan, yaitu:  

Pertama, ketik semua materi atau naskah di Ms Word. satukan semuanya dalam satu file. Abaikan urutan peletakkannya.  Yang terpenting semua naskah sudah dalam satu file. Naskah sebaiknya hasil kaya sendiri. Apabila naskah berupa  resume daru suatu materi, sebaiknya dikreasikan dengan menggunakan bahasa sendiri. Sehingga merupakan karya  baru dan orisinal penulis. naskah dalam satu  buku dapat bervariasi. Naskah dapat berbentuk essay, artikel, feature atau pun puisi. buku seperti karya kompilasi

Kedua, memberikan judul pada file tersebut. Hal ini penting agar penulis mempunyai panduan atau arah. Dengan judul ini penulis dapat mengembangkan mengurangi atau menambahkan.

Ketiga, membuat prakata. Prakata adalah Kata pengantar yang dibuat oleh penulis. Prakata ini berisi pengantar tenang buku tersebut, sistematika dan siap saja yang bs membaca buku tersebut.

Keempat, membuat kata pengantar. Kata pengantar sebaiknya ditulis oleh seseorang yang penulis percaya. Kata pengantar dibuat oleh orang yang sudah membaca buku penulis.

Kelima, membuat sinopsis. Sinopsis adalah ringkasan isi buku secara keseluruhan. Sinopsis memberi gambaran secara global tentang isi buku. Biasanya disertai komentar terkait kelebihan dan kekurangan buku tersebut.

Keenam, membuat profil penulis. Profil penulis berisi nama penulis, tempat tanggal lahir, pendidikan, keluarga dan info lain yang dianggap perlu disampaikan. Profil penulis biasanya tidak terlalu panjang. Bisa berkisar 100 kata. Pada profil penulis dapat disertakan foto penulis.

Bagian dalam suatu buku dapat berbeda satu dengan lainnya. Dalam buku ilmiah biasanya  terdiri dari beberapa bagian, yaitu

1. Prakata

2. Kata pengantar

3. Daftar isi

4. Judul Bab

5. Indeks

6. Daftar pustaka

Dalam penulisan karya ilmiah, penulis harus mampu melakukan segala hal terkait penulisan, pengeditan dan tata letak. Sehingga menghasilkan buku yang layak dari segi konten dan tata letak atau kerapian.  Beberapa cara yang dapat diaplikasikan terkait tata letak bagian buku secara otomatis, yaitu:

1. Cara Membuat Judul, Bab, dan Sub Judul Tulisan pada Buku Secara Otomatis

2. Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Daftar Pustaka Secara Otomatis


Cara Membuat Judul, Bab, dan Sub Judul Tulisan pada Buku Secara Otomatis

Langkah membuatnya dapat dilihat pada kanal youtube dengan mengeklik link berikut:

https://youtu.be/jXPr59aWJSc


Cara Membuat Daftar Isi, Kutipan, Indeks dan Daftar Pustaka Secara Otomatis

Sedangkan membuat daftar isi, kutipan, indeks dan daftar pustaka secara otomatis dapat dilihat pada kanal youtube dengan mengeklik link berikut:

https://youtu.be/eePQwyHAcjw

https://youtu.be/mS8bfNZT-rA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENJADIKAN MENULIS SEBAGAI PASSION

Ide Menulis Bagi Guru (9)

Komitmen Menulis di Blog (8)